Get this widget!

Selasa, 21 Oktober 2014

Landasan Teori



1.    Pengertian Visio

       Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.

       Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.

Berikut ini adalah format berkas yang di dukung oleh Microsoft Visio adalah file Diagram Visio :

1)       *.VSD

2)       *.VSS

3)       *.VST

4)       *.vdx

5)       *.vsx

6)       *.vtx

2.      Bentuk-Bentuk Diagram pada Visio
berikut adalah jenis-jenis diagram yang dapat di buat menggunakan visio :

a.    Diagram Jaringan (Network Diagram)

Membuat susunan bentuk jaringan computer atau lainnya sesuai kebutuhan hanya dengan menggabungkan beberapa bentuk kombinasi bentuk dari visio yang sudah tersedia.

b.    Flowchart dasar (Basic Flowchart)

Membuat dokumen prosedur, menganalisa proses, menunjukkan alur kerja atau informasi, lagu dan efisiensi biaya, dan banyak lagi.

c.    Rencana denah (Floor Plan)

Membuat denah rencana peletakan pintu, jendela, alat alat listrik secara visual untuk bangunan.

d.   Bagan struktur organisasi (Organization Chart)

Membentuk bagan kelompok kerja dalam organisasi dan hubungan komunikasi antar departemen

e.    Diagram Basis Data (Data Base Model Diagram)

Membentuk model dari data base secara visual dengan penggambaran bentuk skema sesuai aslinya.

f.     Diagram Situs Jaringan (Web site Diagram)

Menggambar bentuk susunan halaman website secara hierarki dan alur penggunaannya yang dapat dengan mudah di ubah sesuai dengan kebutuhan web saat ini yang dinamis.

g.    Diagram Blok (Block Diagram)

Melakukan brainstorming, rencana, dan berkomunikasi.

h.    Peta Petunjuk (Directional Maps)

Peta petunjuk yang dapat menunjukan arah dengan disertai petunjuk alam seperti pohon,bangunan,sungai dan jalan raya sebagai petunjuknya.

i.      Diagram Proses Mesin (Proccess Enginering Diagram)

Menunjukan bagaimana proses dari suatu alat alat dalam perindustrian serta alat-alat yang digunakan seperti mesin,pipa,dan penampungnya.

j.      Diagram Software (Software Diagram)

Membantu mengembangkan tim desain perangkat lunak untuk mengatur tampilan user interface.

3.      Komponen - komponen dalam Microsoft Visio


Gambar 2.1 (Tampilan New File program)

Berikut adalah penjelasan dari bagian-bagian yang ada dalam program Microsoft Visio

a.       Title Bar

Menunjukan nama dokumen dan nama program yang sedang di jalankan

b.      Quick Access toolbar

Berisi tombol-tombol untuk jalan pintas dari pemanggilan perintah-perintah tertentu. Baris ini mengelompokkan tombol-tombol yang akan sering digunakan, seperti membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, dan mencetak dokumen

c.       Menu Bar

Merupakan tempat kumpulan perintah perintah dalam susunan tertulis. Di dalamnya terdiri dari kumpulan perintah-perintah untuk mengatur huruf, ukuran huruf, memasukkan gambar, memasukkan bentuk, memasukkan data, dan lain-lain.

d.      Ribbon

adalah kumpulan tools yang ada pada Microsoft Visio yang sudah di kelompokan berdasarkan kesamaan fungsi agar memudahkan penggunaan program

e.       Scroll Bar

Adalah sebuah kotak yang terdapat pada sisi layar dan dapat digeser ke atas-ke bawah atau ke-kiri ke-kanan untuk membantu navigasi halaman dokumen yang sedang di buka.

f.       Zoom Controls

Digunakan untuk mengubah perbesaran file, agar dapat di perbesar atau di perkecil dengan cara menggeser Slider, atau mengklik + (untuk memperbesar) atau - (untuk memperkecil)

g.      Document Information

Document Information menunjukkan jumlah dan letak halaman dari dokumen yang sedang kita gunakan.

h.      Shape Pane

Berisi shape yang di dapat di gunakan untuk membuat diagram. Shape adalah object yang di gunakan dalam membuat diagram.

i.        Stencils pane

Menunjukkan daftar Stencils yang aktif. Stencils adalah pengelompokan Shape yang memiliki fungsi yang sama.

j.        Lembar Kerja

Lembar Kerja digunakan untuk pembuatan diagram atau untuk mengedit data pada diagram dan  memasukkan data pada diagram.

4.      Penjelasan Tool pada Ribbon Microsoft Visio

a.       Home Tab

Gambar 2.2 (Tampilan Tab Home)
Command Group :
1)      Clipboard
Berisi tools yang di gunakan untuk proses pengeditan data seperti  Cut, Copy, Paste, dan Format Painter.
2)      Font
Berisi tools yang di gunakan untuk proses pengeditan teks pada lembar kerja Visio seperti Font teks, Font size, Bold, Italic, Underline dan Lain sebagainya.
3)      Paragraph
Berisi tools yang di gunakan untuk proses pengaturan teks Alignment, indentation, bullets dan lain sebagainya pada lembar kerja Visio. Yaitu berupa Align Left, Align Center, AlignRight, Justify, dan lain-lain.
4)      Tools
Berisis tools yang di gunakan untuk proses pengeditan diagram.
Yaitu Pointer Tool, Connector, Connection Point, Text, dan Text Block.
5)      Shapes Styles
Berisi tools yang di gunakan untuk pengeditan object Shape pada lembar kerja. Yaitu Quick style, Fill, Line, dan Effects.
6)      Arrange
Adalah kumpulan tools yang digunakan untuk mengatur posisi object pada lembar kerja. Yaitu berupa Align, Position, Bring to Front, Send to back, dan Group.

7)      Editing
Berisi tools yang di gunakan untuk pengeditan object seperti mengubah bentuk, mengubah layer, dan lain sebagainya. Tools berupa Change Shape, Find, Layers, Select.

b.        Insert Tab


Gambar 2.3(Tampilan Tab Insert)
Command Group :
1)      Pages
Adalah tools yang di gunakan untuk menambahkan Halaman baru ke lembar kerja. Halaman yang dapat di tambahkan berupa halaman biasa, halaman background, dan duplikasi halaman yang sudah ada.
2)      Illustrations
Berisi tools yang berfungsi untuk melampirkan file ilustrasi berupa gambar dari banyak sumber, seperti gambar yang di muat di internet, grafik, dan Autocad.
3)      Diagram parts
Berisi tools yang di gunakan untuk menambahkan bagian diagram. Yaitu berupa Container, Callout, Connector.
4)      Links
Hyperlink digunakan untuk membuat jalan pintas untuk membuka sebuah file atau untuk membuka website yang sudah di tentukan.
5)      Text
Adalah kumpulan tools untuk mengedit teks yang ada  di dalam text box di lembar kerja seperti memasukkan objek dan memasukkan symbol. Yaitu tools seperti Text Box, Screen Tip, Object, Field, dan Symbol



c.       c. Design Tab




Gambar 2.4(Tampilan Tab Design)
Command Group :
1)      Page Setup
Berisi tools yang digunakan untuk mengatur settingan kertas seperti orientas dan ukuran kertas. Yaitu tools seperti Oientation, Page Size, dan Auto Size.
2)      Themes
Berisi tema yang di gunakan untuk mendekorasi tampilan Object yang ada pada lembar kerja.
3)      Variants
adalaha variasi warna dari tema yang di gunakan, yaitu untuk mengubah warna yang sudah ada pada object
4)      Backgrounds
Backgrounds di gunakan untuk mengganti tampilan dasar lembar kerja, sesuai dengan bentuk dan warna yang di pilih. Border & Titles digunakan untuk menambahkan bordir dan judul ke dalam lembar kerja.
5)      Layout
Terdiri dari tools yang di gunakan untuk menyusub ulang posisi objeck di lembar kerja secara otomatis dan mengatur tampilan garis connector, terdiri dari tools Re - Layout page dan Connectors





d.      d. Data Tab


Gambar 2.5(Tampilan Tab Data)
Command Group :
1)      External Data
Berisi Tools untuk menghubungkan data eksternal ke dalam objek di lembar kerja. Yaitu tools seperti Link Data to Shapes, Automatically Link, dan Refresh All.
2)      Display Data
Berisi Tools untuk menampilkan data yang sudah di hubungkan dengan objek di dalam lembar kerja. Terdiri dari Data Graphics dan Insert Legend.
3)      Show/Hide
Berfungsi untuk menampilkan data eksternal yang sudah di hubungkan dengan objek dan menampilkan data yang ada pada objek yang ada di lembar kerja.

e.       e. Process Tab


Gambar 2.6(Tampilan Tab Process)
Command Group :
1)      Subprocess
Berisi tools untuk membuat hubungan data yang ada pada halaman berbeda dalam satu file yang sama. Yaitu tools seperti Create New, Link to Existing, dan Create from Selection.
2)      Diagram Validation
Berisi Tools yang di gunakan untuk mengecek diagram yang sudah dibuat dengan aturan yang di yang di tentukan sendiri. Tools seperti Check Diagram, Issues Windows, dan Ignore This Issue.
3)      SharePoint Workflow
Berisi tools untuk menshare file diagram visio secara online agar dapat dikerjakan secara bersama-sama dengan dalam satu jaringan kerja. Yaitu tools seperti Import, Export, Stage Outline, dan Create Workflow.

f.       f. Review Tab


 Gambar 2.7(Tampilan Tab Review)
Command Group :
1)      Proofing
Berisi Tools untuk melakukan pengecekan teks yang dibuat dalam lembar kerja, pencarian kata secara online, dan pembetulan kata. Yaitu tools berupa Spelling, Research, Thesaurus.
2)      Language
Terdiri dari tools yang digunakan untuk menterjemahkan kata dan pengaturan penulisan kata dalam bahasa yang lain. Tools berupa Translate dan Language.
3)      Comments
Berisi Tools untuk menambahkan catatan ke dalam dokumen , melihat catatan yang sudah di tulis di dalam dokumen, dan menambahkan tanda tangan kedalam dokumen. Yaitu Tools berupa New Comment, Comment Pane, dan Ink.
4)      Reports
Shape Report adalah tools yang di gunakan untuk membuat report dari dokumen Visio yang sudah di buat secara otomatis.

g.      g. View Tab


Gambar 2.8 (Tampilan Tab View)
Command Group :
1)        Views
Presentation Mode adalah tools yang di gunakan untuk menampilkan Diagram dalam bentuk presentasi.
2)        Show
Adalah option yang di gunakan untuk menampilkan penggaris, grid, page break, dan guide pada tampilan software.
3)        Zoom
Berisi tools yang di gunakan untuk navigasi perbesaran tampilan dokumen pada software. Terdapat Tools Zoom, Fit to Windows, dan Page Width


4)        Visiual Aids
Adalah Tools tambahan yang membantu pengerjaan pembuatan diagram, seperti dynamic grid membantu menenyesuaikan jarak antar object dan connection point untuk menampilkan titik tempat menghubungkan objek dengan Connector.
5)        Window
Terdiri dari tools yang di gunakan untuk navigasi antar dokumen, yaitu untuk membuat dokumen baru dengan objek yang sama dari dokumen lama menggunakan New Window, mengatur agar banyak dokumen di tampilkan secara bersamaan menggunakan Arrange All, dan melihat semua dokumumen yang aktif  dalam tumpukan.

5.      Kelebihan dan kekurangan Microsoft Visio
A.      Kelebihan
       Microsoft Visio memiliki beberapa kelebihan dari software lain untuk membuat diagram terutama di bagian toolsnya, adapun kelebihan lainnya :
1)        Banya pilihan Tools pada visio yang memudahkan pengerjaan
2)        Cara penggunaan yang mudah
3)        Lebih banyak pilihan bentuk Shape
4)        Dapat memasukkan shape dari gambar tanpa harus membuat nya di dalam visio

B.       Kekurangan
1)   Terlalu sedikitnya tutorial tentang Visio
2)   Software tidak gratis
3)   Kebanyakan komponen berbayar

0 comments:

Posting Komentar